Friday, April 15, 2016

The Observant

Udah lama gak nulis apa-apa disini. Kasian blognya, udah berdebu. Dia bilang kangen sama aku. Tapi akunya cuek. 
Aku mah emang gitu anaknya.

Gak apa -apalah ya.

Eh, kamu. Kamu pernah gak nemuin sesuatu dari diri kamu sendiri?
Nganalisis diri kamu sendiri? Atau.. mikirin diri kamu sendiri gitu?
"Oh ternyata aku gak bisa makan pedes, tapi suka pedes" gitu misalnya? Atau.. "Oh ternyata.. aku lebih nyaman jadi introvert dibanding extrovert.. Eh.. Tapi kadang, suka juga kok ditempat rame. Gimana ya?"

"Aku gini.. tapi kadang, aku juga gitu"
"Ya.. aku pengennya sih gitu.. Tapi aku juga gak selalu mau ngelakuin itu"
Hal yang gini-gitu, bertolak belakang gitu.. Pernah gak kaya gitu? 
Atau jangan jangan sering?
Atau jangan jangan satu tipe sama aku?
Yang kadang paham banget sama diri sendiri.. Tapi kadang bingung jelasinnya gimana?
Atau lebih tepatnya, gak merasa perlu dijelasin? Atau lebih tepat lagi.. Baru mau jelasin kalo ditanya?

---------------------------------------------------------------------------------------------------------
Aku emang observant anaknya. Bukan cuma nganalisis orang, atau sekitar, tapi kadang juga diri sendiri.
Tapi ternyata, enggak semudah baca sifat orang lain. 

Aku yakin, kamu juga kadang gak tau apa yang kamu mau. Ya kan?
Kadang nih.. Kadang aja sih. Kadang..
Kamu bingung mau makan apa, padahal laper banget. Mih goreng, bosen. Nasi pake ayam, bosen. Gak mau yang berkuah. Gak mau yang digoreng. Gak mau junkfood. Ingin sesuatu, tapi gak tau apa.
Atau..
Kamu bingung mau ngapain.. Nonton tv udah gak ada yang mengibur, nonton lawakan, tetep cemberut. Nonton sinetron, gaksuka. Nonton dvd lagi males. Tidur ogah. Keluar panas. Main hp bosen. Ngedota, capek. Skripsian, pusing. Dengerin playlist, udah basi.

Ya gitu. 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ini bukan curhat, Ini bukan diary. Jelas lah. Namanya aja blog bukan diary.
Lagian kalo ini curhat, isiniya pasti begini --> dear diary... Hari ini aku blah blah blah bahasa melankolis.

Ini nggak.
Cuma lagi kepengen nulis aja. 
Lately sih aku lagi ngerasa begini.
Ingin jelasin aku itu ABC sampai Z beserta titik koma tanda seru tanda tanya tanda kurung segala macem. I mean, ALL, no exception.
Tapi di satu sisi.. Ya untuk apa, dan.. rumit kalo dijelasin.

Contoh kecil. 
Kadang aku rasa aku supel, bisa nyaman banget sama orang, act like crazy, tapi kadang.. 7 turunan, beda banget. Juteklah. Dinginlah. No emotion lah. Ya terserah kalian namain apalah apalah.
Kadang aku suka gak suka tempat rame, tapi kadang.. gak masalah juga dateng ke tempat rame
Atau kadang gini..
Aku lebih seneng nulis, dibanding ngomong. Tapi kadang, kalo lagi kepengen ngobrol, bisa berjam-jam sampe restoran tutup. Dari sunrise sampe sunset malah bisa jadi sampe ada bintang kejora bertaburan. Segala diceritain. 
Gituloh maksudnya.


Kadang, emang lebih mudah baca sifat orang lain di banding sifat sendiri. Tapi aku doyan banget nganalisis orang, entah kenapa. Selalu aja penasaran kenapa si A itu jadi A, bukan si A dengan sifat B, misalkan. Atau.. ingin tahu.. kenapa si A itu ngelakuin A, bukan B. 
Lebih ingin tau 'kenapa'. Aku percaya apa yang orang lakuin itu ada alesannya.
Tapi.. kebanyakan yang orang percaya, bukan itu..
Kebanyakan orang percaya, setiap apapun yang dilakuin, ada akibatnya. 

Aku pengen tau kenapa-kenapa-nya itu, bukan karna kepo. Bukan. Aku sangat menghargai privasi orang lain, makanya kalo cerita, gak pernah maksa orang buat cerita. Paling cuma bilang "yaudah, kalo gamau cerita.. gapapa. Tapi kalo mau cerita, aku mau kok dengerin, siapa tau walaupun blm tentu bisa bantu, seenggaknya kamu lebih enakan". 
Kalimat itu yang pasti keluar kalo aku nyium ada yang gak beres.

Aku yakin sih.
Setiap orang pasti ngerasa 'gak begitu perlu' nyeritain semuanya. Jadi ya untuk apa di ulik-ulik. Live private life, privately. Itu prinsipnya. Aku tipe orang yang gitu. Kalo aku gak cerita, ya antara gak penting-gak ditanya-atau emang gak mau cerita. Jadi ya.. tebak tebak ajalah ya. Pinter pinter buat bikin pertanyaan.

Aku yakin banyak privasi orang yang gak bisa dan gak harus diceritain

Dari semua analisis yang selama ini dilakuin.. Alasan kenapa aku bisa kasih sudut pandang yang kadang gak semua orang bisa liat. Kenapa aku bisa mikir A B C sampe A'1 A'2 A'3 B'1 B'2 dikala semua orang cuma kepikiran A B C D langsung tanpa akar dan sebab akibatnya.
Aku bukan tipe orang yang cuma bisa bilang sabar tanpa tau yang disuruh sabar udah sesabar apa. 

Kenapa kadang suka bingung mau ceritain apa, padahal cerita mah banyak. Kenapa kadang suka bingung nanya saran. Ya karna itu tadi..
 Kalo sekarang gini.. nanti gitu.. kalo ngga ngelakuin ini, nanti gitu.. tapi kalo ngelakuin itu, nanti yang ini gak akan begini. 

Yang aku liat, udah sampai akar. Udah paham. Rumit lah rumit paham. 
Kalo kamu ada di otak aku selama sewindu juga belum tentu bisa kabur kalo tersesat. Film maze runner  aja mah labirinnya udah lewat.
Makanya, jarang cerita kalo gak ditanya. 

Tapi dari diri aku sendiri aku belajar gak semua urusan orang harus kamu cari tau. 
Karna ya cepat atau lambat, waktu yang bakal ngasih tau. Antara kamu tau sendiri, atau orang itu yang kasih tau kamu. Yang jelas... jangan tau dari orang lain. Itu yang paling bener.

Selebihnya, kenapa aku suka jadi observant..
Aku cuma ingin baca "pola". Aku suka baca pola. Aku suka nebak, dan cari tau salahnya dimana.
Aku sih biasanya bilangnya gitu. 

Menurut aku wajar kalo orang lain gak ngerti sama kita, ya karna kita sendiri kadang bingung sama diri kita. Ya kan?

Butuh waktu buat paham sama diri sendiri. Sebuah observasi yang lifetime process kayanya. Soalnya ya sifat bisa berubah seiring waktu dan lingkungan. 
Sekarang aja pelan-pelan belajar. Aku juga gitu.
Coba deh pahami diri kamu.. siapa tau bisa jawab beberapa pertanyaan kamu sama diri kamu sendiri. Sejauh ini sih aku rasanya gitu.
Dan banyak untungnya kalo kamu paham sama diri kamu.. 
Kamu bisa bangkit lebih kuat di sisi terlemah kamu. Kamu bisa ignore semua ancaman yang kamu rasain. Kamu tau persis gimana caranya nanganin masalah atau pikiran, dengan cara kamu sendiri.
Kamu bisa kontrol apa yang ada di dalem diri kamu. Kamu bakal lebih paham, gimana nanganin sesuatu buat diri kamu sendiri. Kamu bisa lebih termotivasi dengan cara kamu sendiri.


It's true.. It's true.. 


"They can't pull the trigger if you don't hand them the gun".

No comments:

Post a Comment