Thursday, August 21, 2014

Kominfo HMBTI 2014

HMBTI artinya Hima MBTI. Udah gak aneh saya pikir dalam benak kalian sepertinya.
Hima. Apa itu hima? Masih belum tau?
Sepertinya sudah cukup jelas dari singkatannya, Himpunan Mahasiswa.
Gak perlu juga saya rasa penjelasan panjang lebar tentang ini, kalian mahasiswa, dan tentunya cukup pintar menggambarkan sebuah gambaran tentang himpunan.
Banyak gambaran tentang hima. Organisasi, rapat,  ngumpul bareng, event, program kerja, akademika, penyalur informasi, dan gambaran formal lainnya.

Awalnya, saya berada dipertengahan yakin dan tidak yakin untuk melanjutkan pengabdian saya dalam sebuah organisasi dengan notabene formal.

 Pada awalnya tentu kami semua merasakan canggung luar biasa, ditambah dengan tatapan asing dari kadiv yang tentu belum saya kenal sebelumnya. Tatapan sinis. Tapi, siapa sangka berikutnya, dia adalah salah satu keluarga terdekat saya di HMBTI.

Formalitas organisasi. Profesionalitas bekerja. Informasi berbasis akademika. Siapa yang percaya bahwa kami erat kaitannya dengan istilah 'keluarga'?

Di dalam sini.. HMBTI, saya rasa kita bukan sekedar himpunan. Bukan.
Kalian pikir saya bohong? Untuk apa? Memang ada untungnya saya  bohong?
HMBTI dalam persepsi saya, atau bahkan kita, adalah sebuah kebanggaan.
Bangga karena ikut berperan dalam aktivitas kemahasiswaan.
Bangga karena pengalaman yang didapatkan.
Bangga karena lekat dengan almamater.

Jangan kalian pikir saya berlebihan. Tidak, benar adanya.
Banyak keuntungan yang bisa saya rasakan dalam sebuah himpunan.
Bukan karena saya ada di dalamnya, lantas saya bilang seperti itu. 

Sudah bukan analogi lagi rupanya, namun sebuah realita.
Himpunan adalah keluarga saya di kampus. Keluarga kita.
Keluarga yang saya rasa, nyata adanya.
Banyak yang bisa kalian dapatkan, kalian rasakan dalam sebuah himpunan.
Saya serius.

Ditengah tengah mumetnya kuliah..
Ditengah tengah keluh kesah jenuhnya kuliah..
Ditengah tengah emosi jiwa yang memacu adernalin karna tugas
Ditengah tengah waktu perjuangan menjelang uts dan uas.
Kekeluargaan..Kepercayaan.. Perhatian.. Canda gurau.. Penukaran pikiran.. Penggabungan ide cemerlang.. Spontanitas bekerja.. Relasi senior-junior yang saya yakin, kalian pasti butuh itu.
Percaya... Kamu bisa tau rasanya, kalo kamu sudah coba berada didalamnya.

Kekeluargaan itu bukan analogi.. tapi kenyataan.
Bukan istilah. Bukan formalitas. Bukan hal yang patut disombongkan.
Dari semua itu, keluarga memang patut dibanggakan.

Keluarga dimana kamu merasa ada tempat untuk diam, bertukar pikiran, mengeluh bersama, bahagia bersama, dan bahkan, berduka bersama.

 "Family happiness is greatest happiness.."

Banyak divisi yang bisa kalian penuhi disini nanti, setelah kepengurusan kami.
PSDM, Keilmuan, Kominfo, Advokasi, Orsenbud, Public Relation, atau bahkan Pengurus Inti (Ketua Hima, Wakil Ketua Hima, Sekretaris dan Bendahara)
Pada masing masingnya, tentu butuh penjelasan yang panjang.

Tapi disini, sebagai Kepala Divisi Kominfo, cukuplah saya jelaskan divisi saya aja.
   But first, in order to tell you our programs, I have to tell you those things.
Kominfo adalah singkatan dari Komunkasi dan Informasi.
Divisi ini secara singkatnya, menghubungkan Institusi, dengan mahasiswa atauh bahkan ormawa.
Informasi yang kita salurin, bisa banyak macemnya. Formal, non-formal, akademis, sampe informasi event yang berlangsung.
Kominfo itu sendiri dibagi jadi dua.
Fotografi, yang job-desc nya foto-foto, ngesave semua moment-moment penuh tawa-haru sampe moment yang memang patut dibanggakan.
Yang kedua, Jurnalistik. Ya.. normal.. Jurnalistik itu yang biasanya, ngeshare informasi, megang sosial media, tanda tangan poster, dan lain sebagainya yang bersangkutan dengan informasi tersebut.
Demikian, saya punya 11 partner kerja yang hebat. 11 yang tersaring dari sekian banyak interviewee yang saya interview hari itu.
The Choosen Eleven..
 
masing masing darinya, punya tugas dan tanggung jawab yang semuanya menjadi tangan kanan saya sendiri. Saling membantu, saling menguatkan, saling menyemangati.
Terlebih lagi.. partner kerja saya luar biasa dalam memback-up satu sama lain. :)


Ada beberapa program yang HMBTI buat ditahun 2014 ini.. ada yang udah berjalan, ada yang akan berjalan dan sedang dijalankan.
Kominfo juga tentunya kebagian..
Lomba foto, Film dokumenter, sampe ke MBTI Magazine.
  1. Lomba foto, bakal kita adain di bulan November 2014 ini.  Sooooo, if you guys like those photography-things, come this one! Karna disini bakal ada workshopnya juga, jadi kalian bukan cuma bakal sok-sok-an seminar kaya biasa, tapi juga praktek langsung. Disini (insya allah) bakal ada booth dari komunitas-komunitas fotografi terkenal juga.  Make sure yourself attend this one for sure. 
  2. Film dokumenter ini, bakal bisa kalian lihat gimana ceritanya perjalanan kita di hima dari suka-duka dan susah-susahnya menyeret diri kesana kesini untuk mengusahakan event-event kalian, yang dengan kata lain, mensejahterakan mahasiswa. Jadi... tolong hargai apa yang kita lakukan buat kalian. :) Karena kami juga sama, mahasiswa. Kita semua keluarga, dalam sebuah himpunan. Remember?
  3. MBTI Magazine. Ini, majalah MBTI. Isinya bisa macem macem, dan berubah tergantung tema setiap periode terbitnya. Tujuannya apa? Tujuannya biar mahasiswa masih membudidayakan membaca. Ngga cuma scroll down-scrool up digitally terus. Mahasiswa juga perlu tau isu kampus yang lagi jadi diperbincangkan, informasi akademik, non-akademik, event MBTI yang sudah diselenggarakan dan yang akan diselenggarakan nantinya.

Secara singkat, itu deskripsinya dari Kominfo HMBTI 2014.
Hargai kami yang ikut mengayomi.
Karena itu sangat berarti.
Mohon doanya, untuk segala macam rencana baik yang sedang dilakukan atau yang dilakukan nanti...
Karena selain usaha, kami semua butuh do'a.
Banyaknya do'a akan menggiring kami untuk mengayomi lebih baik lagi.

Terimakasih waktunya untuk membaca blog saya ini. :)
Saya, dan atau kami, dengan senang hati menyambut kedatangan kalian pada event-event HMBTI.


 Dengan Bangga Tertulis


 Fasya Vadya Freedanella
 fasyafreedanella@gmail.com,  @freedanellsya


No comments:

Post a Comment