Thursday, August 21, 2014

Generasi Serba Salah

Mungkin Allah adil.. Menciptakan banyak umatnya dengan sudut pandang yang tidak selalu sama dengan sudut pandang yang aku atau orang lain miliki.

Ayo kita bermain logika, dengan sudut pandangku yang terbuka.
Jika semua sudut pandang sama, seperti yang aku punya.. Mungkin mereka akan jauh lebih peka.
Mereka akan jauh lebih menghargai orang lain.. Mereka tidak akan mencibir tanpa tau alasannya.. Mereka tidak akan berprasangka buruk.. Mereka akan berfikir lebih luas.. Mereka akan menela'ah alasan apa dibalik motif benar-salahnya perilaku seseorang.

 Logikanya, jika semua seperti itu.. tidak akan ada perpecahan. tidak akan ada kekeliruan.. tidak akan ada pro dan kontra.. tidak akan ada menyakiti.
Tapi.. kesimpulannya adalah, kita tidak akan menghargai harmoniasi sebuah hubungan.. tidak akan menghargai nikmatnya satu pemikiran.. tidak akan mengalami introspeksi diri, karena berfikir, semua orang memiliki pemikiran yang sama. Benar?

Bukan random. Mungkin alur pikiranku saja yang memang berlari lebih jauh dan berputar lebih cepat.
Bukan tidak bisa dimengerti, hanya saja belum
Semua butuh waktu, termasuk mengerti aku.

Kadang, aku pikir aku terlahir di generasi yang salah.  Serba salah.
Dimana semua serba dinilai sekilas, padahal kenalpun sekilas.
Generasi yang salah, dimana menghujat dan menghina itu menjadi bahan tawa, padahal... Sempurna saja, kita tidak akan pernah.
Generasi yang salah, dimana sibuk dengan dunia sendiri jauh lebih penting dibandingkan waktu dengan keluarga. 
Generasi yang salah ketika yang benar jadi salah, dan yang salah dibenarkan.
Generasi yang salah ketika lebih menyayangi orang lain adalah suatu kebanggaan dibandingkan menyayangi orang tua.
Generasi yang salah dimana merendahkan orang lain, terlihat tidak egois untuk meninggikan diri sendiri.
Bukan menjadi lebih baik.. Malah terlihat tida terdidik.
Tapi aku tak peduli, semua orang punya hak nya untuk melakukan apa yang mereka lakukan.
Begitupun aku.

Semua orang punya hak atas hidupnya sendiri.. punya hak untuk mencaci-maki.. punya hak untuk beropini..
Tapi jangan lupa.. kita semua juga punya hak yang sama besarnya untuk tidak peduli.
Hanya saja.. sebagian dari kita, ada yang tau bagaimana caranya menghargai.. bagaimana caranya menghormati.

Satu masukan, untuk aku sendiri, juga mungkin kamu.
Ketika kamu merasa generasi yang kamu jalani itu salah..
Jangan biarkan semuanya berlanjut pasrah.
Yang harus kita lakukan bukan pasrah, tapi berubah.
Kalo dirasa salah, ya dirubah.. Kalo sifat kita salah, ya dirubah.
Jangan buat generasi ini makin salah, karna kita juga salah.

No comments:

Post a Comment