Sunday, April 28, 2013

Catatan Kecil Belajar Bersama Panti

Aku pengen nikah muda dari dulu.
Aku suka banget sama anak kecil
Apalagi anak kecilnya asik diajak ngobrol
Supaya punya anaknya ngga beda jauh umurnya.
Jadi akan terlihat awet muda hahaha.
Intermezo dikit deh hehe.

Ceritanya hari ini aku ke Panti Asuhan Ash-Shaleh Rancabolang, Bandung.
Acara ini adalah salah satu program kerja dari Divisi Pengabdian Masyarakat (PEMA) BEM SMTM 2013.
Berhubung menggebu-gebu banget, jadilah salah satu panitia pubdok disini.

Oh My...
Inilah kenapa Bunda selalu bilang harus bersyukur.
Kalian harus tau, dan kalian, siapapun yang baca ini, wajib bersyukur.
Masih punya orang tua.. Masih bisa makan enak dari org tua, masih bisa make uang buat keperluan sekunder, intinya segalanya masih berkecukupan dibanding mereka.
Ngga semua orang ngedapetin itu semua. Sekali lagi.. Ngga semua orang.

Contoh kecilnya mereka, anak anak panti asuhan..
Sejujurnya, aku gak berani nanya mereka masih punya orang tua atau ngga, ya.. Gak tega aja nanyanya. Takutnya malah sedih.

So.. Disini aku nemuin banyak anak kecil yang sopan..
Tau bagaimana menghargai dan mengormati yg lebih tua.
Aduh seneng rasanya.
Kebanyakan anak-anak sekarang udah sibuk sama gadget mereka dan lupa tatak rama yg baik.

Sedikit cerita, disana kita ngajarin beberapa pelajaran bersama kakak asuh.
Sebagai panitia, seharusnya sih aku gak usah ikut ngajar.
Tapi waktu beres foto-fotoin semua, di bagian pelajaran bahasa inggris, aku malah ikut ngajar.
Ya ampun.. Ngga lebay, terserah deh mau dibilang lebay.
Tapi rasanya asik. Ilmu yang ngga seberapa selama 13tahunan dipelajarin, itu masih secuilnya aja.
Mereka antusias banget diajarinnya, dan menurut aku bagi mereka itu berharga.
Ya maksudnya se-enggaknya ilmu aku kepake sama orang lain, ngga cuma dienyam sendirian.


Ngajarin ngitung, ngajarin baca alphabet bahasa inggris dll rasanya seneng aja pengen punya adik hehehe.
Ada beberapa anak yang nyambut aku bener bener welcome dan ngga malu malu, tapi dia sopan dan ramah banget.
Salah satunya namanya Agis, tiap aku foto dia pasti mau. Dan emang ganteng kok hahaha.
Agis ini baru kelas 2. Aku ngga phaedophilia, tenang aja.
Tapi dia beneran ramaaaaaaaaahhhhh
Kebanyakan anak cowok, diumur segini, bicaranya kasar dan nakal. Tapi mereka ngga.

They're awesome!

Adik-sehari

Yang ini namanja Fajar, dipanggilnya Ajay. Pipinya ouch!!! :D


















Sedihnya lagi. waktu mau pulang sambil tersenyum dia bilang "kakak.. bulan depan kesini lagi ya!"
Aku jawab sambil senyum"Insya allah.. Do'ain kita ada rezeki ya.." 


Aku serig merhatiin hal-hal kecil..
Barusan ada anak kecil perempuan yang ngeliatin aku pegang kamera, kayanya dia penasaran.
Pengen tau, atau bahkan mikir itu pasti mahal.
Aku cuma liat ke arahnya, dia tersenyum malu.
Lalu aku bilang, "Sini kakak foto ya.." Dia cuma geleng-geleng dan nutupin mukanya pake jilbab sambil senyum-senyum centil.. Terus aku usap-usap kepalanya..

Dari sini mungkin aku bisa belajar..
Banyak dari mereka diluar sana yang butuh lebih banyak kasih sayang dan perhatian melebihi Ibu Panti atau bahkan Ibu Yayasan..
Mereka butuh berkomunikasi dengan banyak orang.
Mereka berhak merasakan kasih sayang dari orang lain selain orang tuanya
Mungkin aku terlalu sensitif mikirin hal sekecil ini, tapi aku mikir..  
Apa rasanya ada diposisi kaya gitu? Atau bahkan kalo aku jadi mereka, mungkin aku bilang Enak ya hidup orang lain yang punya ini itu.
 Ngga sedikit kemungkinan bahwa mereka pasti ingin menikmati kesenangan yang ngga mereka punya.
Itulah alesan aku gak nanya mereka punya orang tua atau ngga, atau hal-hal yang bersifat pribadi..
Aku masih belum tau mereka..
Salah salah, nanti mereka bisa sedih,
Kedatengan kita kesana kan mau bikin seneng. Bukan bikin sedih.







 Agak terenyuh jadinya..
Nanti... Insya Allah.. kita ketemu lagi ya. 
Tetap jadi Anak Shaleh, ramah dan sopan. Jaga itu, dan jangan berubah. :) 

No comments:

Post a Comment