Monday, December 26, 2011

Keadaan panasnya api neraka

Suatu ketika Rasulullah saw, bersabda:  ‘Datang padaku Jibril dan aku bertanya kepadanya;  Wahai Jibril! Berikanlah aku gambaran tentang neraka Jahanam.’
Neraka Jahanam adalah neraka pertama dari 8 macam neraka. Neraka Jahanam disediakan bagi orang orang mukmin  yg berbuat  dosa.

Jibril berkata: ‘Sesungguhnya Allah menciptakan neraka lalu dinyalakan seribu tahun sehingga menjadi merah, kemudian dinyalakan lagi  seribu tahun sehingga menjadi putih, kemudian dinyalakan lagi selama seribu tahun sehingga menjadi hitam. Maka Jahanam itu menjadi hitam seperti malam yang kelam. Selamanya tidak pernah berhenti bergejolak dan tidak padam bara apinya.

Ada suatu cerita yang saya dengar ketika saya mengikuti Istigosah di salahs satu mesjid agung di kota ini..
              
               Allah SWT. Memerintahkan Jibril untuk meminta kepada malaikat Malik sebagian dari api neraka, dan memberikannya kepada Nabi Adam as. Untuk digunakan memasak makanan di bumi.
Maka berkatalah malaikat malik: ‘Berapa yang anda butuhkan? ‘
‘Sebesar buah kurma’ Jawab Jibril.
Malik berkata: ‘Jika aku memberi api neraka sebesar buah kurma, maka akan cairlah langit dan bumi sebab pengaruh panasnya.’
Kalau begitu, berilah aku separuhnya..’ Ucap Jibril.
Malik berkata: ‘Jika aku luluskan permintaanmu, maka tidak setetespun air hujan yang turun dari langit dan bumu tidak mengeluarkan tumbuh tumbuhan walau sebuah tanaman.’
                Kemudian Jibril bertanya kepada Allah SWT.

Jibril: ‘Ya Tuhanku.. berapakah aku mengambilnya?’
Allah berfirman: ‘Mintalah padanya sebesar semut.’
                Kemudian Jibril melaksanakannya, dan dibawalah api sebesar semut itu kepada Nabi Adam, yang sebelumnya dimasukan kedalam laut sebanyak 70 kali.
                Kemudian api itu diletakan diatas gunung yang tinggi dan hancurlah gunung itu, sedang api kembali ketempat asalnya, dengan meninggalkan asap pada bebatuan dan besi sampai hari ini.
Maka api yang ada di dunia ini adalah berasal dari asap api neraka sebesar semut hitam itu.

Tidakkah kalian takut akan dosa?
Tidakkah kalian takut akan api?
Begitu banyak umat Allah dimuka bumi dan alam semestanya, dan tentu saja itu berarti Neraka adalah tempat yg luas untuk umatNya yg dilaknat bukan?

No comments:

Post a Comment